Selasa, 07 Mei 2013

Mobile Evolution

Seperti yang sudah kita ketahui di Era saat ini kita sudah merasakan Perkembangan Teknologi yang sangat pesat dan berkembang cepat. Diantaranya salah satu Teknologi Komunikasi yang berkembang ialah Teknologi Komunikasi Mobile, awal mulanya Telepon di temukan oleh Alexander Graham Bell. Hingga saat ini Komunikasi Mobile semakin berkembang, dimulai dengan tahun 1996 merupakan puncak nya perkembangan Komunikasi Mobile seperti Telepon, Pager dan HP. Bagaimana cara kita mendefinisikan dan memahami teknologi mobile tersebut? Ya, dengan kita mengetahui perkembangan yang terjadi pada komunikasi mobile sejak tahun 1978 dengan berdirinya penggunaan AMPS. Hingga EDGE saat ini yang diperkenalkan. Sudah mendefinisikan Teknologi Komunikasi Mobile yang dengan melalui jaringan sinyal tersebut, yang gunanya untuk mengirimkan data- data yang diperlukan dari HP yang disebut Mobile tentunya dengan kecepatan yang semakin besar.


Perkembangan Teknologi Komunikasi pada masa lalu hingga kini, dimulai dengan adanya penggunaan 1G, ini merupakan tanda dari perkembangan Komunikasi Mobile, tetapi pada masa ini 1G merupakan generasi pertama yang muncul dan masih buruknya percakapan yang ditimbulkan oleh pengguna 1G ini. Tetapi dari awal inilah teknologi handphone canggih bermunculan. Selanjutnya generasi ke-dua 2G, ini merupakan lanjutan dari 1G. Pada pengguna 2G ini komunikasi yang berjenis SMS (pesan singkat) sudah dapat di lakukan walaupun masih terbatas dalam pengiriman data nya. Generasi Selanjutnya 2.5G, pada era ini merupakan masa transisi sebelum beralih ke 3G pada era 2.5G menawarkan kapasitas dari transmisi sebuah data yang lebih besar. Dan pada era ini dikenal dengan layanan GPRS dengan pengiriman data yg memiliki kecepatan 56kbps-115kbps. Selanjutnya teknologi 2.75G yang pada teknologi ini merupakan masa transisi sebelum menginjak ke 3G. Pada era ini teknologi tersebut muncul dengan istilah EDGE  merupakan data yang berbasis (Enhanced data for global evolution) yang dengan kecepatan yang semakin tinggi, yatu 236.8 kbps. Setelah itu munculah masa transisi teknologi 3G, di era ini menawarkan kecepatan data yang lebih dan cepat sekaligus canggih, teknologi 3G ini dapat berupa video conference dapat melakukan downoad lagu dsb. Akses kecepatan internet juga tinggi hingga dapat streaming audio video. Selanjutnya teknologi 3.5G merupakan transisi menuju ke 4G. Teknologi pada masa ini memiliki kecepatan yang semakin tinggi, dapat Meng Upload, dan mendownload dengan kecepatan yang mencapai 5.8mbps untuk mengupload dan transfer data yang dipake ialah HSPA. Teknologi terakhir ialah 4G, pada teknologi ini berbasis layanan aman dan berbasis IP yang disebut Internet Protocol. Internet dengan kecepatan 00mbps dengan streaming, dan bisa melakuan game online. Yang pertama pengembangan LTE dan yang kedua ialah pengembangan Wifi. Ini semua merupakan masa kemajuan dari Teknologi Mobile dari 1G hingga 4G. 


Setelah mengetahui perkembangan dari Komunikasi Mobile tersebut, selanjutnya konsep Komunikasi apa yang diberikan oleh teknologi tersebut. Konsep nya ada pada manfaat dari poemakaian komunikasi mobile tersebut. Tentunya konsep yang diberikan untuk memudahkan khalayak dalam mengirim data atau mengupload dan mendownload dengan data yang cukup besar dan tinggi.  Serta dapat mewujudkan harkat dan martabat manusia. Dengan menggunakan teknologi komunikasi mobile tersebut. Dan peran teknologi tersebut dalam komunikasi yaitu memiliki keuntungan bagi publik untuk menggunakan teknologi mobile dengan mudah, ditunjang dengan adanya 3G hingga 4G saat ini yang memiliki kecepatan yang tinggi untuk mengunduh data data ataupun mengirim pesan dengan panjang, dan tak perlu memakan waktu yang lama untuk mengirim data data tersebut. Dikarenakan adanya teknologi 3G dan 4G itu. Contoh atau konteks dalam komunikasi di Indonesia ialah pada saat ini sudah banyak masyarakat yang menggunakan Teknologi Mobile untuk kepentingan nya masing-masing, dengan bermunculannya HP canggih dan Teknologi 3G dan 4G didalam nya dapat memiliki konteks bagi pengguna komunikasi mobile untuk memumdahkan mereka mentransfer data atau mengirim dan menerima data yang masuk. Yang jaman dulu masih menggunakan teknologi 1G yang masih terdapat gangguan dan ketidaknyamanan para konsumen memakai nya, hingga kini muncul teknologi 3G dan 4G. Dalam contoh konteks dimana masyarakat sudah memiliki HP dan lain sebagainya yang termasuk komunikasi mobile. Tentunya memiliki perasn nya masing-masing dan memudahkan para konsumen untuk menggunakannya.

Manfaat komunikasi mobile dalam prsonal, komunikasi mobile saat ini memiliki peranan dan manfaat yang penting, seperti yang sudah kita ketahui sudah banyak pengguna teknologi mobile ini yang sudah memakai teknologi ini dengan alasan tertentu. Selain untuk dapat mengirimkan SMS pesan singkat, manfaat Teknologi Mobile dalam personal seperti memudahkan para penggunanya untuk mengirimkan pesan yang panjang dan penting atau bersifat formal. Dengan menggunakan Teknologi mobile ini tidak perlu menggunakan komputer untuk mengirimkan pesan, cukup di seluler yang kita miliki saja sudah dapat mengirimkan sebuah pesan ke internet. Dan memudahkan kita untuk membrowsing dari teknologi mobile, atau mengupload dari mobile mereka masing-masing apalagi sekarang sudah dipakainya layanan jaringan 3G. Dapat melihat siaran televisi juga di Mobile kita atau mendengarkan radio dan streaming juga dapat dilakukan dengan menggunakan teknologi komunikasi mobile ini. Ini memiliki manfaat yang sgt besar. Manfaat bagi pembisnis, tentu mengalami manfaat yang tinggi juga. Para pembisnis dapat mengupload produk produk mereka yang akan di tampilkan di account mereka dengan mengupload video dengan menggunakan Komunikasi Mobile, teknologi mobile ini tidak membuat ribet para pembisinis nya. Manfaat dalam komunikasi tentunya sudah tidak diragukan lagi, dengan adanya teknologi ini semakin mudahnya kita untuk berkomunikasi dengan orang lain, dengan menelfon ataupun menggunakan 3G video call yang dapat dilakukan di teknologi mobile ini.

Perubahan perilaku konsumen dengan adanya teknlogi komunikasi mobile ini, memiliki perubahan yang besar, konsumen tidak teringgal zaman dengan perkembangan yang ada saat ini. Konsumen dapat menggerakan teknologi ini dan mengoperasikan teknologi mobile ini yang sangat bermanfaat bagi kita. Pemanfaatan Mobile dalam akses iternet juga memiliki peran yang tinggi, dengan adanya teknologi mobile kita tentunya saat ini dapat mengakses internet dengan menggunakan Teknologi Komunikasi Mobile yang kita punya (HP) sekarang dengan menggunakan HP saja orang sudah dapat mengakses internet dengan kecepatan nya yang lumayan tinggi. Untuk membrowsing, mengupload ataupun mendownload apapun yang kita inginkan dengan menggunakan Teknologi Komunikasi Mobile ini. Dengan dibantu teknologi 3G dan 4G yang membantu kecepatan dalam mengakses internet dalam Teknologi Mobile.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar